1. Proses pasteurisasi merupakan proses pemanasan dengan suhu yang relatif cukup rendah (dibawah 1000C) dengan tujuan untuk menginaktifasi enzim dan membunuh mikroba pembusuk. Pemilihan proses ini didasarkan pada sifat produk yang relatif asam sehingga mikroba menjadi lebih sensitif terhadap panas. Selain itu, penggunaan panas yang tidak terlalu tinggi juga dapat mengurangi resiko rusaknya beberapa zat gizi seperti vitamin C.

 

Proses pasteurisasi sedikit memperpanjang umur simpan produk pangan dengan cara membunuh semua mikroorganisme patogen (penyebab penyakit) dan sebagian besar mikroorganisme pembusuk, melalui proses pemanasan. Karena tidak semua mikroorganisme pembusuk mati oleh proses pasteurisasi, maka untuk memperpanjang umur simpannya produk yang telah dipasteurisasi biasanya disimpan di refrigerasi (suhu rendah).

 

Sedangkan, Proses sterilisasi menggunakan kombinasi suhu tinggi dan waktu tertentu untuk membunuh semua mikroorganisme termasuk sporanya didalam bahan pangan, yang dapat tumbuh pada kondisi normal. Proses ini lebih intens dari proses pasteurisasi, menggunakan suhu di atas 1000C dengan waktu yang lebih lama sehingga bisa mempengaruhi penampakan dan rasa produk. Sterilisasi komersial tidak sama dengan sterilisasi absolut. Pada sterilisasi komersial, proses sterilisasi ditujukan untuk membunuh semua mikroorganisme yang hidup pada suhu penyimpanan normal (disuhu ruang).

 

  1. Bahan yang mengandung cairan tidak dapat disterilkan dengan oven tetapi melalui sterilisasi dengan uap air panas bertekanan. Contohnya adalah cairan media. Tidak bisa disterilisasikan menggunakan oven karena temperatur oven akan merusak komposisi yang ada dalam media cair.Autoclave  menggunakan sumber energi dari listrik, dilengkapi timer dan thermostat . Kelemahannya jika sistem tidak berjalan maka pekerjaan yang sedang kita kerjakan menjadi sia-sia dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan total pada alat autoclave.

Sterilisasi autoclave menggunakan panas dan tekanan dari uap air. Temperatur biasanya 121°C dan tekanan 1 atm. Lama proses sterilisasi tergantung volume dan jenis bahan. Alat dan air disterilkan selama 1 jam. Untuk sterilisasi media pembiakan mikroorganisme biasanya disterilkan selama 20-40 menit tergantung volume.

=================***==============