Jepang (bahasa Jepang: Nippon/Nihon), nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang disebut Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang. Kedua kata ini ditulis dengan huruf kanji yang sama, (secara harfiah: asal-muasal matahari). Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, termasuk nama negara dalam uang Jepang, prangko, dan pertandingan olahraga internasional. Sementara itu, sebutan Nihon digunakan dalam urusan tidak resmi seperti pembicaraan sehari-hari.

Jepang menganut sistem negara monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Sebagai kepala negara seremonial, kedudukan Kaisar Jepang diatur dalam konstitusi sebagai “simbol negara dan pemersatu rakyat”. Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri Jepang dan anggota terpilih Parlemen Jepang, sementara kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat Jepang. Kaisar Jepang bertindak sebagai kepala negara dalam urusan diplomatik.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Jepang adalah perekonomian terbesar nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan PDB nominal sekitar AS$4,5 triliun, dan perekonomian terbesar ke-3 di dunia setelah AS dan Republik Rakyat Cina

Agama di Jepang cenderung bersifat sinkretisme dengan hasil berupa berbagai macam tradisi, seperti orang tua membawa anak-anak ke upacara Shinto, pelajar berdoa di kuil Shinto meminta lulus ujian, pernikahan ala Barat di kapel atau gereja Kristen, sementara pemakaman diurus oleh kuil Buddha. Taoisme dan Konfusianisme dari Cina juga memengaruhi kepercayaan dan tradisi Jepang Penduduk beragama Kristen hanya minoritas sejumlah (2.595.397 juta atau 2,04%). Kebanyakan orang Jepang mengambil sikap tidak peduli terhadap agama dan melihat agama sebagai budaya dan tradisi. (…) sumber utama dari wikipedia

Hal unik di jepang:

  1. Tanda tangan di Jepang hampir tidak pernah berlaku untuk keperluan formal, melainkan harus memakai hanko/inkan/ cap
  2. Acara TV di Jepang didominasi oleh masak memasak.
  3.  Jika naik taxi di Jepang, pintu dibuka dan ditutup oleh supir. Penumpang dilarang membuka dan menutupnya sendiri.
  4.  Sepeda tidak boleh dipakai boncengan, kecuali yang memboncengkannya berusia lebih dari 16 tahun dan anak yang diboncengkan berusia kurang dari satu tahun dan hanya seorang saja yang diboncengkan. Bila dilanggar, dendanya maksimal 20 ribu yen.
  5. Bunga sakura adalah bunga yang spesial di Jepang, karena bunganya hanya tumbuh 2 minggu selama setahun. Ketika tumbuh, bunganya memenuhi seluruh pohon, tanpa daun. Setelah 2 minggu, ga ada satupun bunga sakura, yang ada hanyalah daun-daun hijau, tanpa bunga, dan jadi ga menarik lagi.
  6.   Di Indonesia, kita bakal dapet duit kalo kita ngejual barang bekas kita ke toko jual-beli. Tapi di Jepang, kita malah harus bayar kalo mau naro barang kita di toko jual-beli. Itulah sebabnya kenapa orang Jepang lebih milih ninggalin TV bekas mereka gitu aja kalo mo pindah apartemen.
  7. Kalo naik eskalator diTokyo, kita harus berdiri di sebelah kiri, karena sebelah kanan adalah untuk orang yang terburu-buru. Jangan sekali-kali berdiri di kanan kalo kita ga langsung naik.
  8.   Di Jepang, angka “4″ dan “9″ tidak disukai, sehingga sering tidak ada nomer kamar “4″ dan “9″. “4″ dibaca “shi” yang sama bunyinya dengan yang berarti “mati”, sedang “9″ dibaca “ku”, yang sama bunyinya dengan yang berarti “kurushii / sengsara.
  9. mayoritas cewek jepang selalu pake sepatu hak 4 inci lebih dan jarang nemuin yang make flat shoes atau snickers.
  10.   banyak pola kehidupan orang jepang yang berlangsung seperti ini : waktu lahir dibawa ke kuil shinto, waktu menikah diselenggarakan digereja, dan waktu meninggal disemayamkan di kuil buddha. intinya agama kayak mainan di jepang, krn mayoritas orang jepang gak beragama dan gak percaya tuhan.
  11.   jepang merupakan negara yang penduduknya rata-rata memiliki umur yang lebih panjang dibanding penduduk negara lain yang menjadikan jepang sebagai negara peringkat 1 dunia dalam ranking rata-rata umur hidup penduduk.
  12.  les nyetir mobil di jepang punya harga yang selangit dibandingin negara lain. harga dari kelas awal sampai lulus sekitar 200 ribu yen bahkan lebih! (200ribu yen=Rp.20.000.000).
  13.  di dalam bahasa jepang, negara “jepang” disebut “nihon” atau “nippon”. kalo diliat dari kanjinya, nihon/nippon mempunyai arti “(tempat) asal matahari”. makanya jepang punya julukan sebagai negara matahari terbit. titik merah pada bendera jepang merupakan simbol dari matahari.
  14.  kalo orang jepang bilang :“abis kerja gimana kalo kita ngopi?“, artinya kita ga diajak minum kopi, tapi minum alkohol.
  15.   kita bisa ngeliat anak2 sma lengkap dengan seragamnya pada hari sabtu atau minggu ! alesannya mereka ikut pelajaran tambahan di hari libur disekolahnya ! hebatttt
  16.  orang jepang ga terlalu suka manis, terutama dalam hal teh dan kopi. kalo minum teh udah pasti minum ocha (teh jepang tanpa gula) dan kalo minum kopi mereka lebih prefer black coffee (tanpa gula).
  17.    kalo dijepang ngga ada yang namanya traktir-traktiran, jalan ya bayar sendiri-sendiri, kalo mau ketemu ya ngga ada yang namanya jemput-jemput. mau ketemu ya ketemuan di stasiun.
  18.   kue/snack untuk oleh2 biasanya memiliki bungkus yang berlapis2. sampecapebukanya.
  19.   kalo makan ramen (mie) harus dislurp ada bunyinya kayak nyedot ingus. padahal kalo diIndonesia dan negara lain, jelas itu jorok-_-..he..he…
  20.  SIM mereka mempunyai system poin. sekali melanggar peraturan lalu lintas bisa mengurangi 1-2 poin (tergantung kesalahannya). poin ini akan diperbaruin 1 tahun sekali. artinya kalo sebelum 1 thn poin kita udah abis, kita ga boleh nyetir lagi sebelum kita ambil tes ulang menyetir!!
  21. 21.   dalam mengadakan pernikahan, orang jepang cuma ngundang 50-100 orang. dan masing2 tamu harus ngasih (WAJIB!) angpau minimal 30ribu yen (Rp.3.000.000). makanya kalo ada 2-3 bahkan lebih temen yang menikah dalam 1 bulan, itu akan menjadi bencana bagi dompet orang yang kena undang.
  22.   kalo tanda tangan orang jepang biasanya pake kanji biar jelas kebaca, padahal kalo kita sengaja disusahin supaya gabisa ditiru.
  23.  anak SD wajib pake tas kotak (kayak yg dipake conan) yang harganya mahal banget (satunya kira2 Rp.2.000.000-Rp.3.000.000).
  24. cuma ada 2 laguindonesia yang ada di karaoke jepang : “bengawan solo” dan “nona manis siapa yang punya”. itupun udah dirubah liriknya ke dalam bahasa jepang.
  25.  orang jepang sangat lemah thd makanan pedas. ini serius! jangan sekali2 bawa mereka ke restoran yang makanannya pedas2, bisa2 sakit selama 1-2 hari. tapi aturan ini gak berlaku bagi orang jepang yang hobby travelling dan punya jiwa adventure yg tinggi ya.
  26.    semua ramen di jepang (mayoritas) pasti pake daging babi. jadi buat kita yang muslim, hati-hati ya. mending kalo pengen mie pesen tempura udon dsb.
  27.  pizza di jepang merupakan makanan yang cukup exclusive (apalagi resto2 khusus pizza kayak pizza hut dll). 1 loyang pizza ukuran medium, paling murah (biasanya) 1500 yen (Rp.150.000), sementara utk ukuran large biasanya 2000yen-an. kalo yang rasanya enak, biasanya pizza2 yang harganya 2000 yen keatas.
  28.  untuk memberikan sesuatu dengan sopan, orang jepang menggunakan kedua tangan mereka (bukan tangan kanan doang).