Maa Ghoyatuki Fil Hayah? (Apa tujuanmu dalam hidup ini?)

Setelah mendengar pertanyaan itu,, tak langsung di jawab.. cukup lama memikirkan jawaban  untuk  soal sulit itu. Banyak alasan yang bisa dijadikan sebagai jawaban tentang tujuan hidup kita.Apa tujuan hidup kita di dunia ini? Mungkin ada yang untuk dunianya (Kekayaan, Popularitas dll), dan yang paling indah itu untuk dunia dan akhirat-NYA. Kita tidak diperintahkan Allah hanya memikirkan tentang akhirat saja.. tapi ALLAH juga menyuruh kita untuk menjadikan dunia sebagai tujuan hidup kita.. Cuma.. kita harus hati-hati dalam meletakan  posisi keduanya. Cukup letakan dunia di bawah genggaman tangan kita yang suatu saat kita bisa iklhlas untuk mdilepas.. jangan sampai posisi dunia kita letakkan sampai dalam hati.. karena kau tahu.. akan sangat sulit membuangnya.

TUJUAN HIDUP…

Sepertinya semua sependapat jika tujuan hidup ini adalah memperoleh KESUKSESAN.. entah itu sukses dalam pendidikan,karier, rumah tangga, organisasi, ibadah, bersosialisasi dan banyak lagi. Tapi sayangnya, banyak dari kita yang tidak menggenggam tujuan itu dengan kuat yang pada akhirnya banyak yang terlempar di tengah jalan. Bukan karena tidak punya kekuatan.. namun melemahnya kemauan dan memudarnya semangat juang untuk memperolehnya.

Seperti kimia, akan terjadi senyawa kimia baru  jika terjadi reaksi di dalamnya. Hasil reaksi pun berbeda-beda, tergantung dengan apa kita memformulasikannya. Akan beda hasilnya jika dalam sebuah percobaan kimia, jika bagian satu diberi action tambahan seperti pemanasan, pengadukan, pengocokan, dibandingkan dengan bagian lain  yang hanya mencampurkan. Padahal percobaan ini dilakukan dalam suhu ruangan yang sama, bahan yang sama. Nah, begitupun kita,, kita mungkin mempunyai tujuan hidup yang sama, namun pada akhirnya hanya yang memberikan action tepat yang dapat mencapai tujuannya.

MASALAH..

Percayalah.. bahwa masalah hadir untuk membahagiakan kita. WHY? Karena keberadaannya membuat kita paham tentang makna tujuan hidup kita.Kita tidak bisa mengacuhkan masalah dengan sebelah mata. Kita harus fokus padanya agar ia bisa dipecahkan dan itu hal yang membahagiakan ketika masalah bisa terselesaikan dengan baik.

seperti kata teman “Masalah itu hanya puing2 yang berserakan di sekitar menara, mengotori namun tidak menggoyahkan, asalkan kita tetap kuat, tetaplah menjulang tinggi!

Sesungguhnya orang2 yang berkata “Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqomah. Tidak ada rasa khawatir pada mereka dan tidak pula bersedih hati (Al-ahqaf:13)

Terus,, bagaimana menentukan tujuan hidup dengan benar????

  1. Mulailah dengan mimpi lalu rencanakanlah mimpi tersebut
  2. Temukan berbagai alasan , kenapa kamu harus mewujudkan tujuan tersebut
  3. Carilah motivator yang dapat memotifasi impianmu itu
  4. Mulailah memikirkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
  5. Mulailah bergerak dari sekarang juga!
  6. Jangan lupa doa, dan ikhtiar yang maksimal dan tawakal  akan hasil

Tuliskan rencanamu dengan sebuah pensil dan berikan penghapusnya pada Allah. Izinkan Allah menghapus bagian2 yang salah dan menggantinya dengan rencanaNYA yang indah di dalam hidupmu.

Tahukah kamu?

Saat Allah menjawab doamu, Dia menambah imanmu

Saat doamu belum terjawab, Dia menambah kesabaranmu

Saat Allah menjawab, tapi bukan doamu. Yakinlah Dia pasti memilih yang terbaik untukmu.

Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran buatmu dalam hidup ini dan mendapatkan hasil yang terbaik..

For myself, i do have my own plan, my own thing, my own way and my own style of life.. and finally purpose of life is to worship and make history :)_Rei chan11