Usia semakin Berkurang, seiring dengan perjalanan waktu malam dan siang, sementara segala amalan akan tersimpan dan kematian akan datang secara tiba-tiba (Ibnu Mas’ud)

 Sangat berharga usia itu…

Jika orang Barat berkata bahwa waktu adalah uang (Dme is monefl. lalu bangsa Arab mengibaratkan waktu laksana pedang yang jika tidak ditebas ia akan menebas. Islam mengajarkan waktu adalah kehidupan. Menyianyiakan waktu berarti menyia-nyiakan kehidupan. Sumpah Allah dengan keseluruhan waktu menjadi petunjuk atas hal itu. Dalam Alquran Allah bersumpah dengan waktu fajar, Subuh, dhuha. siang, asar, dan malam. Di samping untuk menun jukkan tanda-tanda kekuasaan-Nya, sumpah Allah dengan waktu merupakan isyarat agar manusia mempergunakan waktu yang dimin ki secara optimal.

Allah berfirman, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, yang mengenakan amal saleh, nasihat-menasihati dengan kebenaran, serta nasihat-menasihati dalam
kesabaran (QS al-Ashr [103] 1-3).

Ketika Rasulullah SAW ditanya. “Siapa manusia terbaik?” Beliau menjawab. “Orang yang panjang usianya dan baik amalnya.” Beliau kembali ditanya, “Lalu siapa manusia terburuk?” Jawab Rasul, “Orang yang panjang usianya tetapi jelek amalnya.” (HR at-Tirmidzi).

“Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat nanti sehingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa dipergunakan, hartanya dan mana ia peroleh dan kemana ia belanjakan. serta ilmunya dalam hal apa ia amalkan.” (Hadis Shahih Riwayat At Tirmidzi dan Ad Darimi).

Ya Rabb…. Sudahkah hamba menggunakan usia itu dengan sebaik mungkin?

Banyak alfa dan yang sering dilakukan dan mungkin tanpa sadar sudah menjadi kebiasaan. Malu dengan diri ini ketika kelak ditanya tentang umur dan aku tidak bisa menjawabnya. Ya Rabb semoga masih ada kesempatan untuk aku bertobat.

———————————————-

Alhamdulillah, 3 Juli kmarin genap usiaku 20 tahun. Sudah seharusnya banyak yang harus aku persiapkan lebih baik lagi untuk masa depan. Awal untuk menjadi lebih dewasa dan mandiri dalam menjalani kehidupan. Yang ga mw lagi selalu dan selalu menggantungkan bantuan kepada orang lain, terutama orang tua.

Ya Rabb

Jadikan yang tebal itu iman

Yang tipis itu lisan

Yang tajam itu akal

Yang lembut itu hati

Yang luas itu Ilmu

Yang berat itu amal

Amiinnn…

Sahabat.. ingatlah

Bahwa hidup itu tidak diukur dengan banyaknya nafas yang kita hirup, melainkan dengan disaat dimana kita menarik nafas kebahagian dalam hidup, kenikmatan dalam musibah, ketabahan dalam tekanan, senyuman dalam air mata. Jadikan hidup ini sebagai ladang yang luas, dan kita sedang menanam bibit yang baik ,memupukya dengan amalan sholeh dan pada akhirnya dengan senyum kita bawa hasilnya ke rumah (alam akhirat).

 NB_Jazakumullah untuk teman2 yang sudah memberikan doa untuk keberkahan umur ini.. amin,, semoga kita semua dalam pengawasan dan perlindungannya ^^Rei_11